Faedah serta Manfaat Buah Mengkudu untuk Penyembuhan





Mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia serta termasuk juga dalam famili Rubiaceae. Banyak daerah di Indonesia mempunyai sebutan bermacam untuk mengkudu ini. Salah satunya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa) ; Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) serta ada banyak lagi. Buah mengkudu yang masih tetap mentah umumnya dipakai untuk kombinasi rujak. Sementaranya buah yang masak dipakai untuk penyembuhan.

Walau baunya sangatlah tak enak, tetapi buah mengkudu yang telah masak di pohon mempunyai banyak faedah untuk penyembuhan. Hal semacam ini lantaran terdapat banyak kandungan zat didalamnya, diantaranya morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril serta sorandiyiol.

Di bawah ini sebagian faedah serta manfaat buah mengkudu untuk penyembuhan tradisional dibarengi dengan misal resep serta pemakaiannya.

Menangani Hipertensi
Desakan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Langkahnya, siapkan 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon serta 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk di ambil airnya, lalu digabung dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Mengobati Batuk
Faedah buah mengkudu yang lain yaitu menyembuhkan batuk. Langkahnya yaitu dengan bikin ramuan yang terbagi dalam 1 buah mengkudu serta ½ genggam daun poo (bujanggut). Ke-2 bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lantas diminum 2 x satu hari setiap pagi serta sore.

Obat Sakit Perut
Manfaat buah mengkudu yang setelah itu yaitu juga sebagai obat sakit perut. Bila Anda atau keluarga terserang sakit perut, ambillah saja 2-3 lembar daun mengkudu. Sesudah dicuci bersih, lalu ditumbuk halus, ditambah garam serta diseduh air panas. Sesudah dingin, airnya disaring serta diminum.

Menyembuhkan Sakit Kuning
Bahan yang dibutuhkan yaitu 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon serta 1 potong gula batu. Langkah membuatnya, buah mengkudu diperas untuk di ambil airnya, lalu digabung dengan madu hingga rata. Saring airnya, diminum serta diulangi 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin serta infuenza
Bahan yang diperlukan yaitu 1 buah mengkudu serta 1 rimpang kencur. Ke-2 bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih serta sampai tinggal 1 gelas. Sesudah dingin, airnya disaring serta rauan itu diminum 2 x satu hari, setiap pagi serta sore.

Menangani kulit bersisik
Buah mengkudu yang telah masak di pohon memanglah mempunyai banyak manfaat. Satu diantaranya untuk kecantikan, buah mengkudu dapat dipakai untuk menghaluskan kulit. Langkahnya, sisi kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu itu hingga rata, serta dilewatkan sepanjang 5-10 menit, lalu dibikin bersih dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Saat ini, buah mengkudu telah jadikan ekstrak serta di jual dalam paket. Baik berbentuk sirup ataupun juice. Oh, ya juice mengkudu ini di kenal dengan juga nama juice Noni.



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Faedah serta Manfaat Buah Mengkudu untuk Penyembuhan